Robert Alberts Tak Khawatir Persib Bandung Harus Tanpa Ezra Walian & Victor Igbonefo

By ommed


nusakini.com - Persib Bandung harus mengawali seri keempat Liga 1 2021/22 tanpa dua pemain andalan mereka di lini belakang dan depan. Kedua nama tersebut adalah bek tengah senior, Victor Igbonefo, serta striker keturunan Belanda, Ezra Walian.

Mereka baru saja membela timnas Indonesia yang tampil di Piala AFF 2020 dan menjadi runner-up kejuaraan antarnegara Asia Tenggara tersebut. Seperti kebanyakan orang yang habis pulang dari luar negeri (Singapura), kedua nama di atas wajib melakukan karantina.


Dengan masa karantina yang ditetapkan oleh pemerintah, yakni sekitar dua pekan, maka Ezra dan Igbonefo harus absen pada beberapa laga Persib di putaran kedua ini. Robert Rene Alberts selaku pelatih kepala Maung Bandung memastikan, bahwa absennya dua nama itu sudah diantisipasi.

"Tidak hanya dua laga, mungkin kami masih akan tanpa mereka bahkan dalam tiga laga awal. Tapi kami sudah mempersiapkan hal itu," ungkap Robert, sambil menjelaskan bahwa keduanya mungkin butuh waktu adaptasi lebih setelah pulang dari karantina.

"Saat keluar dari karantina nanti, Anda tidak bisa berharap mereka bisa langsung kembali bermain. Mereka sedang kelelahan baik secara fisik dan mental. Mereka tentunya sangat kecewa karena tidak bisa bergabung dengan kami di sini," urainya.

Persib sudah berada di Bali dan bersiap menatap seri keempat Liga 1. Kedalaman skuad Persib tetap terjaga, dengan Robert mempromosikan nama baru tapi lama dari tim muda Persib, Kakang Rudianto. Tentunya Kakang sudah tak asing lagi, karena ia sendiri merupakan jebolan Diklat Persib.

Kehadiran Kakang diharapkan membuat skuad Persib makin dalam, apalagi bek tengah Indra Mustafa sudah pindah ke Borneo FC pada putaran kedua ini. Robert sendiri punya keyakinan terhadap kualitas Kakang, meski jebolan Garuda Select itu masih berusia 18 tahun.


“Kakang adalah pemain bertalenta. Sebelumnya ia bermain untuk tim Persib U-18, dan kami mendukung semaksimal mungkin para pemain muda. Seperti Ferdi [Ferdiansyah] dan Dimas [Juliono Pamungkas] juga, mereka adalah bagian dari pengembangan para pemain muda,” tutur Robert.

“Pemain muda juga harus bermain. Latihan adalah satu hal, bagaimana pengalaman latihan diterapkan dalam pertandingan dan itu adalah upaya bagi pemain muda. Beberapa ada yang bisa belajar dengan cepat, ada juga yang lebih lambat, menarik untuk Kakang karena dia masih muda tetapi punya kualitas, punya talenta." (gi/om)